Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah

Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah

Setelah tindakan operasi luka kanker, decubitus atau apapun memang mengharuskan pasien untuk lebih banyak istirahat sampai kondisi luka benar-benar menutup atau sembuh. Karena jika tidak nantinya luka akan lama sembuh bahkan juga dapat memicu terjadinya infeksi. Hanya saja pada dasarnya pasca melakukan tindakan operasi ini, maka hanya dibutuhkan beberapa hari saja menjalani perawatan inap di rumah sakit. Selepasnya Anda sudah boleh pulang ke rumah dan melakukan perawatan luka operasi di rumah. Baru nantinya mengikuti jadwal kontrol sesuai dengan yang dianjurkan oleh dokter.

Butuh waktu yang cukup lama memang untuk memastikan bahwa luka setelah melakukan operasi ini nantinya bisa benar-benar sembuh optimal. Bahkan terkadang penderitanya harus mulai membatasi aktivitas sampai dengan menjaga pola makan mereka, sehingga tidak berdampak buruk pada operasi yang dilakukan tersebut. Adapun diantaranya juga beberapa hal yang tidak boleh dilakukan atau patut untuk dihindari dalam merawat luka operasi ini, diantaranya adalah:
  1. Olahraga berlebihan, olahraga memang tetap penting dilakukan untuk menjaga tubuh agar tetap sehat, hanya saja ketika baru saja sembuh dari operasi, namun Anda sudah melakukan aktivitas olahraga. Apalagi secara berlebihan hal ini tentunya tidak bagus. Karena memang sangat mungkin dapat merobek jahitan operasi tersebut. jika sudah semacam ini tentunya dampaknya juga sangat fatal bukan.
  2. Mengangkat beban berat, pasca melakukan operasi maka hindari juga untuk mengangkat beban yang berat, karena bagaimanapun akan mempengaruhi otot dan kemungkinan besar akan memicu terjadinya robekan pada bekas jahitan tersebut. Perbanyak istirahat di rumah dan mengurangi melakukan aktivitas fisik yang berlebihan, apalagi mengangkat beban. Sebaiknya mintalah bantuan orang lain dalam mengangkat beban.
  3. Sering menyentuh area luka, beberapa orang memang ada yang cenderung keras kepala, senang menyentuh area bekas operasi tersebut tanpa mencuci tangan terlebih dahulu. Padahal sebagaimana yang diketahui bahwa tangan ini banyak menyimpan kuman atau bakteri yang dapat berpotensi menyebabkan terjadinya infeksi.
  4. Melakukan hubungan seksual, sebaiknya tunda dulu untuk melakukan hubungan seks selepas operasi meskipun ingin. Karena aktivitas ini juga bisa meningkatkan resiko terjadinya robekan kembali area yang baru saja dilakukan operasi tersebut. Apalagi jika seandainya operasi yang dilakukan adalah operasi caesar.
  5. Menggunakan pakaian yang ketat, hendaknya Anda juga tidak sembarangan dalam memilih pakaian yang digunakan, apalagi setelah menjalani prosedur operasi, karena beberapa jenis pakaian, apalagi yang ketat ini seperti diantaranya adalah jeans hanya akan menekan area yang dioperasi tersebut, sehingga bisa memicu luka juga sulit untuk sembuh. Bahkan beresiko meningkatkan terjadinya infeksi.
  6. Tertawa dan juga batuk dengan terlalu keras, ketika Anda tertawa keras maka otomatis akan membuat otot juga ikut bereaksi, apalagi di bagian perut, otomatis hal ini akan membuat luka tersebut juga jadi terdorong, bahkan mungkin menyebabkannya robek kembali. Untuk itu harus menghindari tertawa dan juga batuk terlalu keras, sebaiknya ditahan terlebih dahulu.
Melakukan perawatan luka operasi diabetes, kanker, dan lain sebagainya sendiri di rumah itu memang perlu hati-hati, untuk itulah setidaknya beberapa hal yang patut untuk dihindari dalam perawatan luka tersebut di rumah. Pastikan juga untuk selalu memperhatikan kebersihan dari bagian yang baru saja dioperasi tersebut, mengganti kain kasa secara rutin guna mencegah terjadinya infeksi. Anda juga harus mulai mengatur pola makan, karena asupan nutrisi yang salah akan membuat luka tersebut lebih lama sembuh. Konsumsi obat-obatan secara rutin sesuai dengan anjuran dokter.

Belum ada Komentar untuk "Hal-hal yang Tidak Boleh Dilakukan dalam Perawatan Luka Operasi di Rumah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel