Lakukan Tips Berikut Saat Mengambil Pinjaman Sistem Bulanan

Lakukan Tips Berikut Saat Mengambil Pinjaman Sistem Bulanan

Di tengah kemajuan teknologi seperti saat ini, penggunaan gadget menjadi bagian yang tidak bisa lepas dari kegiatan masyarakat sehari-hari. Karena kini dengan mengandalkan gadget saja, berbagai kebutuhan manusia bisa didapatkan dengan mudah. Mulai dari urusan belanja kebutuhan makanan sehari-hari, pakaian, pulsa, membayar tagihan listrik, dan masih banyak lagi. Bahkan kini untuk meminjam dana pun sudah bisa dilakukan secara online. Karena kini banyak aplikasi pinjaman online atau fintech yang menawarkan pinjaman bulanan online langsung cair dengan mudah.

Pinjaman online menawarkan banyak sekali kelebihan dibandingkan pinjaman secara konvensional, yaitu prosesnya lebih mudah dan cepat. Hanya saja, meskipun pinjaman online menawarkan kelebihan ini, tidak sedikit komplain atau kritik masyarakat terkait jenis pinjaman yang satu ini. Hal ini dikarenakan adanya pinjaman online yang menyesatkan atau tidak bertanggungjawab yang menipu debiturnya. Penipuan yang dilakukan ada yang dengan cara menawarkan bunga mencekik, data pribadi debitur yang disalahgunakan, cara penagihan yang tidak manusiawi, dll.

Maka dari itu, saat terdesak kebutuhan dan berencana mengajukan pinjaman online, pastikan lebih selektif dalam memilih layanan yang memang benar-benar terpercaya. Anda harus lebih jeli dan teliti agar tidak terperangkap jebakan dari fintech nakal. Karena jika sampai terjerat, pasti akan sangat merugikan Anda ke depannya. Agar tidak tertipu saat mengambil pinjaman online, berikut ini ada beberapa tips yang perlu Anda lakukan, yaitu:

1. Pilih layanan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK.

Sudah menjadi rahasia umum jika tidak semua pinjaman online yang ada di internet itu sudah terpercaya. Sehingga Anda perlu waspada ketika dalam memilih salah satu layanan pinjaman online yang ada saat ini. Pinjaman online yang sudah terpercaya harus sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Karena OJK merupakan lembaga yang berperan dalam mengatur dan mengawasi semua kegiatan yang terjadi di sektor keuangan, baik itu yang berbentuk konvensional maupun online. Meminjam dari layanan pinjaman online yang sudah terdaftar di OJK akan menguntungkan bagi Anda.

2. Pilih layanan pinjaman online yang transparan.

Mengingat pinjaman online tidak dilakukan secara tatap muka layaknya meminjam di bank, maka pastikan segala informasinya sudah jelas dari awal. Terutama untuk ketentuan yang berlaku mengenai bunga yang dibebankan, jangka waktu pinjaman, cara pengambilan pinjaman, tanggal jatuh tempo, cara pembayaran angsuran, dan biaya-biaya lainnya. Dengan mengetahui transparansi informasi terkait ketentuan pinjaman online ini, maka konsumen bisa mempertimbangkan nominal yang akan diajukan. Karena bisa menyesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan membayar cicilan. Selain itu, dengan adanya transparansi juga bisa membuat konsumen tidak merasa dirugikan.

3. Cari tahu review dari konsumen sebelumnya.

Penyedia pinjaman online biasanya akan menampilkan review dari konsumen sebagai testimoni positif untuk layanan yang mereka berikan. Review ini biasanya bisa ditemukan di halaman websitenya, sebagai bagian dari promosi dan juga transparansi informasi. Sebagai calon debitur, sebaiknya pilih pinjaman online dengan review yang positif. Terutama yang berkaitan dengan kenyamanan, kecepatan proses, kemudahan tracking status pinjaman, bunga pinjaman, dll. Review yang bagus dari konsumen menunjukkan bahwa penyedia pinjaman online tersebut memang sudah terpercaya dan berpengalaman.

Saat mencari pinjaman bulanan online yang cairnya cepat, memang Anda akan menemukan penyedia pinjaman online yang menawarkan proses mudah dan cepat. Namun sebaiknya Anda tidak tergesa-gesa mengambil pinjaman dari layanan tersebut. Memperhatikan 3 hal seperti yang sudah disebutkan di atas perlu Anda lakukan agar tidak mengalami penipuan.

Belum ada Komentar untuk "Lakukan Tips Berikut Saat Mengambil Pinjaman Sistem Bulanan "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel