Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Tinggi Potensi Genetik dan Faktor yang Mempengaruhinya


Tahukah Anda jika tinggi potensi genetik merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan untuk mengetahui tumbuh kembang seseorang? Walaupun demikian, hal tersebut juga mempengaruhi keberhasilan ataupun kegagalan seseorang dalam proses tumbuh kembang seseorang.

Tidak hanya itu, banyaknya faktor yang mempengaruhi tinggi seseorang membuat siapapun tidak bisa mengetahui tinggi seseorang nantinya. Sehingga Anda perlu mengetahui beberapa faktor yang mempengaruhi tinggi potensi genetik seseorang.
Pengertian Tinggi Potensi Genetik

Menurut IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) memperkirakan TPG dengan kalkulator tinggi potensi genetik menggunakan perkiraan tinggi akhir badan orang tua. Sehingga bisa disimpulkan jika pengertian dari tinggi potensi genetik yaitu perkiraan tinggi akhir berdasarkan tinggi badan orang tua.

Faktor yang Mempengaruhi Tinggi Potensi Genetik


Ada beberapa faktor yang mempengaruhi TPG seseorang, yaitu faktor genetik serta faktor lingkungan serta nutrisi. Yuk, simak ulasan berikut ini secara lengkap untuk mengetahui apa saja faktor yang bisa mempengaruhi tinggi potensi genetik seseorang.

1. Faktor Genetik


Pertama, TPG bisa saja dipengaruhi oleh faktor genetik yang memiliki peranan penting dalam menentukan tinggi badan seseorang. Hal tersebut terjadi karena gen yang diturunkan dari orang tua sangat mempengaruhi bagaimana tulang seseorang tumbuh dan juga tinggi badan seseorang saat dewasa.

Oleh karena itu, orang tua yang tinggi biasanya memiliki anak yang juga tinggi. Hal tersebut karena disebabkan oleh proporsi atau heritabilitasi dari variasi total tinggi badan seseorang.

2. Faktor Nutrisi dan Lingkungan


Selanjutnya, faktor lain yang juga mempengaruhi TPG yaitu faktor nutrisi dan lingkungan. Sekitar 20% sampai dengan 40% faktor nutrisi dan lingkungan dapat mempengaruhi tumbuh tinggi seseorang.

Bahkan, ada banyak penelitian yang menunjukkan bahwa beragam mineral seperti halnya protein, kalsium, dan juga vitamin A serta vitamin D. Walaupun terlihat sederhana, nutrisi yang dikonsumsi di masa pertumbuhan akan membuat tinggi Anda menjadi lebih optimal.

Anda bisa memperbaiki pertumbuhan seseorang terutama pertumbuhan anak dengan cara melengkapi nutrisinya dengan Pediasure yang bisa didapatkan secara online di pediasure.co.id Pediasure merupakan nutrisi tambahan yang mampu melengkapi kebutuhan nutrisi anak di masa pertumbuhannya.

Bagaimana, menarik bukan beberapa informasi terkait TPG yang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik dan faktor nutrisi serta lingkungan. Demikian ulasan singkat mengenai tinggi potensi genetik, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Pengertian Tinggi Potensi Genetik dan Faktor yang Mempengaruhinya"