Cara Mengatasi Maag dengan Aman dan Ampuh

Cara Mengatasi Maag dengan Aman dan Ampuh

Maag merupakan salah satu penyakit yang kerap diderita oleh masyarakat. Penyakit ini menyerang pencernaan tubuh dan membuat penderitanya merasakan mual, muntah, perut kembung, serta dada terasa nyeri seperti terbakar. Penyakit maag memang tidak akan menyebabkan masalah kesehatan yang lebih serius, namun jika dibiarkan hingga berlarut-larut bisa berkembang menjadi masalah kesehatan yang tidak bisa dianggap remeh. Terlebih, maag juga bisa memburuk sewaktu-waktu sesuai dengan tingkat keparahannya. Oleh karena, sebaiknya penderita mencari cara mengatasi maag jika tidak ingin kondisi maag yang dialami menyebabkan susah bernapas, napas tersengal, keringat mengucur deras, serta nyeri dada yang menjalar ke bagian lain ketika beraktivitas maupun kondisi stress.

Penyakit maag umumnya terjadi akibat gaya hidup tidak sehat, seperti porsi makan terlalu banyak, makan terlalu cepat, sering mengkonsumsi makanan pedas, kebiasaan mengkonsumsi minuman beralkohol, sering mengkonsumsi minuman berkafein (kopi, the, dan cokelat), sering mengkonsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi, kebiasaan merokok, sering mengalami stress, kebiasaan makan mendekati waktu tidur, dll. Selain itu, maag juga bisa disebabkan oleh beragam penyakit, seperti gastritis, refluks asam lambung, infeksi lambung, tukak lambung, penyakit celiac, kanker perut, sembelit, dan obesitas.

Untuk mengatasi penyakit maag sebenarnya cukup mudah, yaitu dengan melakukan berbagai hal berikut ini:

Menghindari konsumsi makanan pedas.

Makanan pedas dan asam bisa menyebabkan kondisi maag semakin parah. Hal ini dikarenakan pasa makanan pedas mengandung capsaicin yang bisa memperburuk penyakit maag lantaran mampu merusak lapisan perut dan lambung. Lambung yang terluka ini bisa menyebabkan maag semakin parah dan menambah rasa sakit pada area perut. Oleh karena itu, baik penderita maaf akut maupun kronis, sebaiknya mengurangi makanan pedas agar maag tidak semakin parah.

Makan dengan teratur.

Untuk mengatasi maag, sebaiknya konsumsi makanan dalam porsi kecil namun sering. Selain itu, pastikan untuk makan dengan tepat waktu. Jangan lupa juga untuk makan dengan perlahan dan mengunyah makanan dengan baik agar bisa membantu meringankan pekerjaan lambung.

Kurangi porsi makan.

Mengkonsumsi satu menu makanan dengan porsi yang cukup besar akan menyebabkan sistem pencernaan menjadi sakit dan memperparah penyakit maag. Oleh karena itu, mulai sekarang kurangi porsi makan Anda dan tetap makan secara teratur setiap harinya. Sehingga bisa meringankan proses pencernaan dan mengurangi gejala maag.

Tidur yang teratur.

Menjalankan pola tidur teratur akan membantu mengontrol stress dengan baik. Saat stress terkelola dengan baik, maka resiko maag kambuh pun bisa teratasi. Pastikan Anda tidur dengan teratur dan cukup, minimal 7-8 jam setiap harinya.

Menghindari minuman berkafein.

Minuman berkafein akan menghambat nutrisi masuk ke dalam tubuh. Hal inilah yang memicu asam lambung naik dan mengikis dinding lambung.

Menghindari kebiasaan merokok.

Kebiasaan merokok akan merusak lapisan lambung dan meningkatkan resiko terkena kanker lambung. Hal ini bisa memperparah kondisi maag yang diderita. Oleh karena itu, jika ingin maag tidak kambuh dan mengganggu aktivitas Anda, sebaiknya hindari kebiasaan merokok.

Menghilangkan kebiasaan langsung rebahan setelah selesai makan.

Cara mengatasi maag yang mudah dan ampuh adalah dengan mengusahakan untuk tidak langsung berbaring atau rebahan setelah selesai makan, terutama saat makan di malam hari. Sebaiknya beri jeda antara 2-3 jam setelah makan, sebelum Anda tidur. Hal ini bertujuan agar asam lambung yang diproduksi setelah selesai makan tidak naik menuju kerongkongan yang menyebabkan maag kambuh.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Maag dengan Aman dan Ampuh "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel