Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kesalahan Orangtua Saat Mendidik Anak


Menjadi orang tua memang bukanlah suatu hal yang mudah. Ada kewajiban dan tanggung jawab yang harus dilakukan oleh setiap orang, terutama dalam hal mendidik anak.

Setiap orangtua tentu saja akan berupaya semaksimal mungkin dalam mendidik anak-anaknya. Namun apalah daya terkadang sangking semangatnya kita justru malah berbuat kesalahan dalam keseharian maupun saat mendidik anak.

Dalam artikel Psychology Today yang berjudul “ Three Common Mistakes in Parenting” yang ditulis oleh Thomas Lickona, Ph.D, menyebutkan bahwa mendidik anak tak bisa luput dari kekeliruan yang tidak disadari oleh sebagian banyak orang tua.

Berikut tiga macam kesalahan yang umum terjadi dalam cara mendidik anak usia 3 tahun yang dilansir dari Psychology Today.

Memanjakan anak

Kebanyakan dari orang tua ingin memberikan semua apa yang diinginkan oleh anak sebagai bentuk rasa kasih sayangnya. 

Ternyata dalam sebuah polling yang diadakan oleh CNN, dua per tiga orang tua di Amerika mengatakan kalau mereka telah memanjakan anaknya. Ketika di rumah, tugas seorang anak adalah menerima dan orang tua memberi, konsep mendidik seperti ini tanpa disadari akan membuat anak menjadi manja dan egois.

Sebaiknya kita memberikan porsi yang tepat dalam mendidik anak, yaitu selain dimanja, anak juga perlu diberi sedikit tanggung jawab dan tugas rumah tangga sehingga akan membuat tumbuh kembang anak jauh lebih baik.

Ketika anda memberikannya tanggung jawab anda juga harus memberinya penjelasan pada anak tentang sebuah tanggung jawab tersebut, penjelasan tersebut harus mudah dipahami oleh anak. Perkembangan anak usia 1 tahun

Berusaha jadi teman yang baik bagi anak

Kebanyakan orang tua ingin menjadi paling hebat di mata anak mereka dan dapat berteman akrab dengannya. Namun, konsep mendidik anak seperti ini akan membuat orang tua kesulitan untuk menolak keinginan anak, yang justru nantinya akan membuat anak mendapat celah untuk menjadi egois.

Sebaiknya, orangtua yang memiliki otoritas penuh terhadap anak sehingga akan lebih dihormati dan dipatuhi.

Gagal menciptakan budaya keluarga yang baik

Budaya adalah salah cara paling tepat dalam membentuk karakter. Ungkapan tersebut memang benar adanya, karena sudah banyak bukti yang menunjukan bahwa anak yang besar dari keluarga yang memiliki budaya yang baik, akan melahirkan anak yang baik pula.

Terjadinya perkembangan zaman dan terpaan media saat ini, mengalahkan pengaruh budaya dalam menciptakan karakter anak. Sehingga harus menciptakan budaya dalam keluarga yang sehat dan baik, agar pembentukan karakter pada berhasil.

Kesalahan orang tua dalam mendidik anak adalah dengan membiarkan anak mengenal dunia tanpa batasan dan pengawasan.

Posting Komentar untuk "3 Kesalahan Orangtua Saat Mendidik Anak"