Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Daftar Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Olahraga Badminton


Badminton atau yang biasa kenal dengan sebutan bulu tangkis adalah salah satu jenis olahraga di Indonesia yang cukup banyak di minati oleh berbagai kalangan. Olahraga yang satu ini membutuhkan konsentrasi, kecepatan dan strategi yang tepat dalam melakukan perlawanan.

Selain mempersiapkan stamina yang prima, ada berbagai peralatan dalam melakukan olahraga badminton yang perlu disiapkan agar aktivitas olahraga dapat berjalan dengan lancar.

Berikut daftar alat badminton yang harus Anda punya ketika anda melakukan aktivitas olahraga, yaitu:

1. Raket badminton

Raket merupakan alat pemukul dalam permainan badminton, alat ini wajib anda miliki jika ingin melakukan olahraga badminton. Saat ini ada banyak ragam pilihan raket dapat anda beli dengan menyesuaikan kebutuhan dan budget yang saat ini kamu miliki. Admin merekomendasikan agar anda membelinya di shoe store Blibli, karena harganya yang relatif murah dibandingkan dengan yang lain.

Namun ingat, meski harganya murah kamu tetap harus beberapa hal berikut ini sebelum membeli raket badminton:
  • Kualitas dari merk raket.
  • Ukuran dan berat raket.
  • Bahan pegangan raket.
  • Kekuatan dan daya tahan raket.
  • Harga raket.

2. Cock badminton

Cock yang umum dipakai dalam bermain badminton terdiri dari beberapa jenis material seperti bulu dan plastik. Dalam melakukan pertandingan badminton, anda harus menggunakan cock dalam jumlah yang lebih dari satu supaya bisa diganti-ganti dan permainan berjalan lebih lama.

Akibat pukulan yang keras membuat cock badminton menjadi rusak sehingga perlu diganti. Oleh sebab itu, persediaan cock badminton yang perlu anda siapkan harus memadai sehingga aktivitas olahraga permainan badminton bisa berjalan dengan baik sesuai keinginan anda.

3. Net atau jaring badminton

Meski bermain badminton hanya untuk sekedar hiburan tentu bisa dilakukan tanpa tambahan aksesoris seperti net atau jaring pembatas. Namun jika untuk turnamen, sebaiknya peralatan olahraga badminton yang satu ini harus dilengkapi agar memudahkan pemain dalam mengetahui pembatas area pertandingan.

Dalam pemasangannya pun tidak boleh sembarangan, ukuran dan tinggi net harus sesuai standar sehingga permainan badminton bisa berjalan lancar. Dengan adanya net ini, perhitungan poin akan lebih mudah dilakukan karena adanya net yang terpasang ditengah-tengah lapangan.

4. Baju dan celana badminton

Agar aktivitas olahraga badminton yang Anda lakukan terasa lebih optimal, ada baiknya anda menggunakan baju dan celana atau setelan olahraga yang tepat. Ada beragam pilihan model baju dan celana badminton yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan.

Ada beragam warna, motif, logo, merk hingga ukuran baju dan celana badminton yang masing-masing baju dan celana juga ditawarkan dengan harga dan kualitas yang berbeda sehingga perlu disesuaikan dengan sesuai kebutuhan dan budget anda.

5. Sepatu badminton

Seperti yang kita tahu, dalam olahraga ini sepatu menjadi kebutuhan yang wajib anda miliki, jika tidak maka bersiaplah telapak kaki anda akan mengalami luka.

Ada beragam jenis sepatu olahraga yang tersedia dipasaran mulai dari bentuk hingga desain. Masing-masing jenis sepatu tersebut memiliki fungsi dan kegunaan yang berbeda pula. Oleh sebab itu, ada baiknya anda menggunakan sepatu yang dikhususkan untuk badminton bermain badminton.

Hal ini dilakukan agar aktivitas olahraga badminton nantinya dapat berjalan lancar berkat desain sepatu yang cocok dan sesuai untuk melakukan pergerakan olahraga badminton secara optimal. Selain itu, pilihlah ukuran tepat sehingga terasa nyaman digunakan, dengan kualitas yang baik agar bisa awet dan tahan lama.

Posting Komentar untuk "Daftar Peralatan Yang Harus Disiapkan Untuk Olahraga Badminton"