Tanya Dokter Mata Mengenai Penyebab Mata Buram


Mungkin banyak diantara Anda yang sering kali merasa kurang jelas saat melihat sesuatu, sehingga membuat sering kali berkedip, kemudian juga menggosok mata sampai dengan menyipitkan mata untuk melihat sesuatu, apalagi yang memang jaraknya cukup jauh. Kondisi yang satu ini nyatanya tidak hanya dialami oleh orang dewasa saja. Melainkan sekarang ini ada banyak sekali diantara anak-anak yang sudah mulai merasakannya, diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti terlalu lama bermain gadget misalnya. Untuk itu konsultasikan atau tanya dokter mata.

Penglihatan yang buram ini nyatanya tidak hanya mengganggu atau menurunkan kualitas hidup saja, melainkan juga bisa jadi suatu kondisi yang membahayakan pada tubuh, karena mengindikasikan tengah terserang penyakit yang berbahaya, sehingga memang harus segera mendapatkan pengobatan. Berikut ini diantaranya ada beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab dari mata buram yang patut untuk Anda ketahui, yaitu:
  1. Masalah reflaksi, hal ini dapat dipicu oleh beragam kondisi, misalnya adalah terkena miopi atau rabun jauh sehingga tidak bisa dengan jelas melihat benda-benda atau obyek yang lokasinya jauh, kemudian juga rabun dekat atau hiperopia, sehingga pandangan justru buram ketika melihat sesuatu yang jaraknya dekat, ataupun juga kondisi lain seperti astigmatisme yang membuat benda atau obyek yang dilihat menjadi ganda hingga presbiopia yang rentan dialami oleh seseorang yang usianya sudah 40 tahun ke atas atau dikenal sebagai mata tua.
  2. Katarak, katarak ini adalah kondisi dimana terbentuknya sebuah lapisan atau kabut yang menutupi mata, semakin lama biasanya akan semakin parah. Bahkan mungkin dapat menyebabkan kehilangan kemampuan dalam melihat secara total. Sehingga tindakan yang harus dijalani untuk mengatasinya adalah dengan operasi.
  3. Retinopati diabetik, ini adalah komplikasi yang dialami oleh orang-orang yang menderita penyakit diabetes melitus atau yang dikenal sebagai penyakit kencing manis. Karena kadar gula dalam darah yang begitu tinggi, maka bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata, sehingga penglihatan juga bisa menjadi buram.
  4. Degenerasi makula, makula sendiri pada dasarnya adalah bagian yang ada di tengah mata, biasanya memiliki fungsi di dalam melihat detail warna pada benda-benda secara langsung yang ada di depan mata. Terjadinya degenarasi pada makula ini secara otomatis nantinya menjadi pemicu penglihatan juga menjadi buram.
  5. Pelepasan retina, ketika retina seseorang terlepas sudah pasti termasuk kondisi yang berbahaya atau darurat, karena bisa menyebabkan penglihatan juga menjadi buram secara tiba-tiba. Bahkan sangat mungkin untuk memicu terjadinya kebutaan.
  6. Oklusi vena retina, saat pembuluh darah retina tersebut tersumbat, maka secara otomatis bisa menyebabkan penglihatan juga menjadi buram bahkan juga bisa mengalami kebutaan.
  7. Pterigium, ini adalah sebuah kondisi ketika terjadi pertumbuhan jinak pada bagian permukaan mata, sehingga penglihatan juga akan menjadi buram, apalagi ketika telah melewati kornea.
  8. Infeksi atau peradangan yang terjadi di mata, saat terjadi infeksi pada bagian mata seperti diantaranya adalah uveitis anterior, maka secara otomatis hal ini juga memicu penglihatan terganggu. Begitu juga jika seandainya infeksi terjadi pada kelopak hingga bulu mata.
  9. Pendarahan viteous, ini akan menghalangi cahaya yang masuk kedalam mata.
  10. Penyakit yang berhubungan dengan kardiovaskuler juga penyakit-penyakit sistemik juga dapat memicu penglihatan memburam.
Konsultasikan dengan tanya dokter mata secara online melalui aplikasi Halodoc, segera download dan install aplikasinya sekarang juga.

Belum ada Komentar untuk "Tanya Dokter Mata Mengenai Penyebab Mata Buram"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel