Hindari Hutang Selama Usia 20an Tahun dengan 6 Tips Keuangan Berikut Ini!


Ketika sudah memasuki usia 20an tahun tidak dapat dipungkiri jika seandainya seseorang sudah mulai produktif, bekerja dan juga menghasilkan uang. Karena baru pertama kali merasakan nikmatnya membeli sesuatu dengan uang sendiri. maka banyak diantaranya yang mulai tidak terkontrol di dalam mengatur finansialnya. Lebih senang jalan-jalan, shopping dan juga mencoba berbagai macam kegiatan lainnya yang menghabiskan uang mereka, bahkan tak jarang meskipun pemasukan besar, namun tidak ada hasil yang tampak sama sekali. Ini merupakan kesalahan yang patut untuk dihindari.

Patut bagi Anda untuk mencoba tips keuangan selama usia produktif ini untuk menghindari hal yang namanya berhutang. Berikut ini diantaranya yang patut dicoba, yaitu:

  1. Bijak di dalam memakai kartu kredit, memang bukan sebuah rahasia lagi jika seandainya keberadaan dari kartu kredit ini mempermudah beragam transaksi yang Anda lakukan. Selain itu dari kartu kredit sebenarnya Anda juga bisa mendapatkan pinjaman dengan menarik tunai uang dari kartu tersebut. Hanya saja bagi beberapa orang yang memang boros biasanya tidak akan mampu di dalam mengelola pemakaian kartu ini secara baik, akibatnya sudah pasti berdampak pada hutang, hutang yang menumpuk pada pemakaian kartu kredit ini disertai dengan adanya bunga yang tinggi, sehingga terkadang menyulitkan di dalam melunasinya. Untuk itu jika seandainya belum siap secara mental maka ada baiknya tidak memakai kartu kredit terlebih dahulu.
  2. Selalu sedia dana darurat, selain tabungan sebenarnya dana darurat ini adalah jalan yang penting untuk dimiliki, karena terkadang ada beberapa hal yang sifatnya tidak terduga dan membutuhkan pengeluaran. Tentunya jika ada dana darurat maka Anda tidak perlu mengambil uang tabungan, juga tidak perlu berhutang untuk biaya yang tidak terduga tersebut, seperti mobil yang rusak, kemudian sakit dan sebagainya. Jadi sisihkan setidaknya sebagian kecil dari pendapatan atau gaji yang Anda terima untuk dana darurat ini.
  3. Hindari orang-orang yang sifatnya toxic secara keuangan dan jalani kehidupan sederhana, memang masa muda adalah saat yang tepat untuk mencoba-coba. Bahkan juga dalam hal pergaulan. Namun jika seandainya Anda bergaul dengan orang yang salah hal ini justru akan menjadi racun dan semakin menguras pengeluaran. Itulah mengapa hanya berteman dengan orang-orang yang baik dan sebisa mungkin jalani kehidupan yang sederhana.
  4. Selalu mempertimbangkan barang yang akan Anda beli, jangan hanya terpaku pada merknya saja, mengingat meskipun merk tersebut sedang ngetrend atau begitu populer, jika seandainya keuangan Anda tidak mencukupi sebenarnya hanya akan menguras isi kantong. Tidak masalah terlihat biasa saja atau menggunakan barang bukan branded di mata orang lain, asalkan hal ini membuat kondisi keuangan Anda juga tetap sehat. Paling tidak buang jauh-jauh gengsi Anda.
  5. Selalu membuat skala prioritas sebelum mengeluarkan uang Anda, ketahui manakah yang sifatnya paling penting terlebih dahulu dan yang bisa dikesampingkan, dengan hal ini maka nantinya Anda tidak salah di dalam mengeluarkan uang tersebut. Mendahulukan hal yang mendesak kemudian mengesampingkan yang tidak penting.
  6. Kurangi kebiasaan makan diluar dan juga shopping, meskipun menyenangkan, namun efeknya sangat besar bagi pengeluaran, apalagi hal ini juga memberikan efek ketagihan, jadi semakin lama membuat Anda menjadi semakin boros pengeluaran.

6 tips keuangan tersebut akan menghindarkan Anda dari yang namanya hutang di usia 20an tahun.

Belum ada Komentar untuk "Hindari Hutang Selama Usia 20an Tahun dengan 6 Tips Keuangan Berikut Ini!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel