6 Perbedaan Makanan Kucing Kering dan Basah


Makanan kucing – Kucing membutuhkan asupan gizi dan nutrisi yang cukup sehingga harus disesuaikan dengan pertumbuhan dan perkembangannya.

Makanan ini bermanfaat membuat kucing aktif, sehat, dan lincah. Tidak hanya itu saja pakan kucing yang tepat bermanfaat untuk menjaga keindahan bulu dan menghindari kerontokan. Pakan kucing ini bermacam-macam sehingga memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Secara umum pakan kucing ini dibedakan menjadi tiga yaitu makanan kering, basah, dan juga makanan alami. Sebelum memberikan pakan tersebut ada baiknya jika Anda mengetahui perbedaan dari masing-masing pakan tersebut. Selama ini banyak orang yang lebih memilih yang jenisnya kering karena harganya lebih terjangkau, mudah disimpan, dan mudah untuk ditaruh di dalam mangkuk.

Lalu bagaimana dengan makanan basah? Agar Anda bisa memilih pakan yang tepat berikut ini adalah perbedaan makanan kucing kering dan basah yang wajib diketahui:

Kandungan Air

Yang menjadikan perbedaan adalah kandungan airnya. Kandungan air pada makanan basah jauh lebih tinggi dibandingkan dengan yang kering. Oleh sebab itu untuk menjaga kandungan air di dalam tubuh kucing ada baiknya jika Anda lebih memilih makanan basah dibandingkan dengan yang kering. Untuk makanan kering mengandung air sebanyak 8% sampai dengan 10%. Sedangkan untuk makanan basah mengandung air 75% sampai dengan 78%.

Ketahanan Pakan

Perbedaan selanjutnya adalah ketahanan pakan tersebut. Untuk makanan kering ini jauh lebih awet karena memang tidak mengandung banyak air, sedangkan untuk makanan basah tidak tahan lama sehingga harus segera dihabiskan. Selain itu makanan basah ini tidak mengandung banyak bahan pengawet sehingga tidak berbahaya bagi kucing di kemudian hari.

Pemberian Pakan

Makanan kucing kering ini praktis dan bisa diberikan ke wadah setiap hari. Sedangkan untuk makanan basah ini hanya bisa diberikan satu kali sehari saja karena tidak tahan lama bisa diberikan pagi, siang, atau sore. Khusus untuk satu wadah pakan kering tersebut bisa digunakan sampai satu minggu lamanya.

Menjaga Nafsu Makan

Perbedaan makanan kering dan basah adalah fungsi tambahan yang bisa didapatkan dari makanan tersebut. Jika kucing Anda sedang tidak nafsu makan maka makanan basah bisa membuat nafsu makan kucing menjadi lebih meningkat. Alasan mengapa makanan basah bisa digunakan untuk menjaga nafsu makan karena makanan ini memiliki aroma yang tajam dan kuat, selain itu tekstur maupun rasanya sangat mirip dengan daging asli.

Mengandung Zat Tambahan

Pakan kucing kering mengandung zat tambahan lainnya berbeda dengan makanan basah yang mana tidak memiliki tambahan zat lainnya. Untuk makanan kering ditambahkan dengan antioksidan, vitamin C dan juga E sehingga akan bisa memenuhi kebutuhan nutrisi kucing dan kesehatan kucing.

Mengandung Karbohidrat

Yang menjadi pembeda pakan kucing basah dan kering yang penting untuk diperhatikan adalah mengandung karbohidrat. Untuk makanan kering yang abal-abal sering dicampurkan dengan karbohidrat sehingga penting bagi Anda untuk memeriksa kandungan gizi pada tabel kemasan pakan tersebut apakah mengandung karbohidrat atau tidak. Kebanyakan karbohidrat hanya akan membuat kucing ini mengalami obesitas.

Demikianlah perbedaan makanan kucing kering dengan makanan basah yang wajib untuk diketahui, semoga informasi ini bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Perbedaan Makanan Kucing Kering dan Basah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel